Di tengah pandemi corona yang semakin meluas di tanah air, dunia bisnis turut menjadi salah satu yang terdampak, apalagi bisnis kuliner. Untuk mengatasi hal tersebut ide marketing berikut bisa menjadi cara menarik pelanggan di tengah pandemi corona.
Salah satu dampak physical distancing adalah rendahnya pembelian masyarakat terhadap produk kuliner. Hal ini tentu muncul karena kekhawatiran masyarakat akan kebersihan dan kesehatan. Masyarakat semakin was-was untuk membeli makanan di luar karena takut tertular virus COVID-19. Kondisi ini berdampak buruk bagi pengusaha kuliner apalagi yang berskala kecil. Nah, jika Anda salah satu pemilik bisnis kuliner, langkah marketing di tengah pandemi corona berikut ini bisa dicoba.
Fokus pada online food delivery
Satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan di tengah kebijakan Work from Home adalah dengan melakukan penjualan melalui online food delivery. Kabar baik jika Anda sudah mendaftarkn bisnis Anda ke situs jasa online seperti GoFood dan GrabFood. Namun jika belum, proses untuk pendaftarannya cukup lama. Anda bisa mensiasati dengan memasang pamflet yang berisikan informasi layanan delivery. Sehingga Anda sendiri yang mengantarkan ke lokasi pelanggan.
Artikel Lainnya: Dampak lockdown virus corona bagi perekonomian
Tunjukan komitmen pada pelanggan
Saat wabah corona merebak dan bisnis berada di posisi sulit, inilah saat yang tepat bagi Anda untuk meningkatkan kembali kepercayaan pelanggan. Yakinkan mereka bahwa Anda berkomitmen untuk tetap memenuhi kebutuhan mereka.
Baru-baru ini sebuah kedai kopi memberikan data suhu badan pegawainya dalam setiap pesanan. Sehingga pelanggan tidak menebak-nebak kondisi kesehatan pelayan atau sangsi pada produknya. Anda bisa meniru metode-metode seperti ini untuk tetap menggaet pelanggan.
Berikan promo menarik
Memberikan promo dapat menjadi salah satu cara untuk tetap menarik pelanggan. Meskipun cara ini terkesan membakar uang, namun efektif agar usaha tetap berjalan. Anda tidak perlu memberikan promo besar-besaran. Misalnya saja cukup berikan harga diskon untuk 25 pembeli pertama.
Manfaatkan media sosial
Keberadaan media sosial harus dimanfaatkan dengan maksimal untuk memasarkan bisnis. Para pelaku usaha kecil bisa tetap memasarkan usaha tanpa perlu keluar rumah hanya lewat media sosial. Keberadaan content marketing bisa menjadi salah satu cara menggaet pelanggan dengan cepat.
Anda hanya perlu memanfaatkan momen dengan baik untuk melakukan promosi. Misalnya, membuat cerita-cerita unik dan menarik spesial #WorkFromHome dapat menjadi metode pemasaran produk. Hastag ini juga bisa Anda manfaatkan untuk meraih pasar yang lebih luas.