Hampir setiap orang pasti merasa canggung, deg-degan, dan khawatir saat pindah di tempat kerja baru. Itulah mengapa, mengetahui cara beradaptasi yang baik di tempat kerja baru adalah hal wajib bagi seluruh karyawan agar tidak canggung dan kikuk.
Setelah resign dan pindah kantor, kita harus mulai beradaptasi di tempat kerja baru. Sayangnya, tidak sedikit pegawai kantoran yang masih kesulitan melakukan cara beradaptasi dengan baik. Alhasil, memunculkan rasa ragu dan khawatir berlebihan di tempat kerja.
Mengetahui cara beradaptasi di tempat kerja baru adalah bekal yang wajib dimiliki oleh seluruh pegawai kantoran. Selain mempermudah menjalin relasi dengan rekan kerja, mampu beradaptasi dengan baik juga menjadi kesempatan untuk menunjukkan kemampuan serta kualitas yang kita miliki.
Simak 7 cara beradaptasi di tempat kerja baru agar kegiatan bekerja berjalan lancar dan punya banyak teman berikut ini:
Perhatikan budaya kerja
Mengenali aturan dan budaya kerja termasuk salah satu cara beradaptasi di lingkungan baru yang penting dilakukan. Ingat, setiap kantor memiliki aturan dan budaya kerja yang berbeda-beda. Jangan sampai kita mendapatkan teguran karena tidak memerhatikan dan mematuhi aturan yang berlaku.
Untuk itu, coba amati budaya kerja yang diterapkan dalam kantor baru. Perhatikan bagaimana cara berkomunikasi, berpakaian, hingga sistem kerja yang diterapkan.
Baca Juga: 7 Ide Outfit ke Kantor yang Modis, Bikin Semangat Bekerja
Ramah dengan siapa saja
Bersikap ramah dengan siapa saja juga menjadi cara sukses beradaptasi di tempat kerja baru. Walaupun terlihat sepele, namun selalu bersikap ramah dan murah senyum dapat mencairkan suasana canggung. Bahkan, tidak ada salahnya mengucapkan “selamat pagi”, atau berkenalan dengan seluruh rekan kerja yang berada di satu ruangan, lo!
Menjadi pendengar yang baik
Cara beradaptasi di tempat kerja baru berikutnya dengan menjadi pendengar yang baik. Hentikan kebiasaan memotong pembicaraan saat rekan kerja sedang berbicara. Selain tidak sopan, kebiasaan memotong pembicaraan dapat menciptakan image “tidak menghargai” pada diri kita.
Oleh karena itu, jadilah pendengar yang baik agar proses beradaptasi kantor baru berjalan lancar. Biasakan untuk berbicara dengan lembut, tanpa menggunakan nada tinggi maupun kata-kata kasar, agar tidak tidak menyakiti perasaan rekan kerja kita.
Bertanya apabila ada kesulitan
Karena merasa canggung, tidak jarang kita memilih diam dan memendam pertanyaan. Padahal, malu bertanya menyebabkan kita tersesat di jalan dan tenggelam dalam kebingungan. Untuk itu, jangan ragu bertanya apabila mengalami kesulitan. Baik tentang pekerjaan yang harus dikerjakan, maupun pertanyaan mengenai aturan bekerja yang berlaku.
Baca Juga: 7 Ciri Lingkungan Kerja yang Toxic, Waspada Bikin Stres
Bekerja profesional
Fokus dan bekerja profesional termasuk cara beradaptasi yang tidak kalah penting. Awalnya memang sulit, mengingat saat ini kita berada di luar zona nyaman dan di lingkungan yang baru. Meskipun begitu, pastikan untuk fokus dan menyelesaikan pekerjaan yang diberikan dengan baik.
Biasakan untuk bekerja secara teratur, agar tidak ada pekerjaan yang tertunda. Singkirkan beberapa hal yang tidak penting di luar pekerjaan selama berada di kantor. Jika ada yang tidak mengerti, jangan ragu bertanya dengan atasan maupun rekan kerja yang lebih senior.
Tinggalkan kebiasaan buruk di kantor lama
Apakah dulu kamu sering datang mepet dan telat ke kantor? Atau sering menunda pekerjaan, dan hanya fokus scrolling media sosial di jam kerja? Jika iya, tinggalkan semua kebiasaan buruk di kantor lama tersebut, agar kita bisa menjadi pegawai yang lebih profesional dan berkualitas di kantor yang baru ini, ya!
Jauhi hal negatif di kantor
Satu lagi cara beradaptasi yang perlu dilakukan di kantor baru adalah menjauhi berbagai hal negatif di kantor. Salah satunya dengan tidak ikut bergosip dengan rekan kerja.
Meskipun terlihat seru dan menggoda, namun ikut bergosip dengan rekan kerja justru akan merugikan kita. Selain menyebabkan suasana kantor menjadi tidak nyaman, kebiasaan bergosip dapat menghilangkan kepercayaan rekan kerja kepada kita, lo!
Itulah beberapa cara beradaptasi di kantor baru yang bisa diterapkan secara langsung. Semoga hari pertama bekerja di tempat baru berjalan lancar, ya!
Baca Juga: 7 Tips Menyambut Hari Pertama Kerja agar Berjalan Lancar