Beban pekerjaan yang terlalu berat bisa menimbulkan stres kerja. Akibatnya, produktivitas bekerja menjadi menurun dan tidak maksimal. Demi menjaga kesehatan fisik dan mental, simak cara mengatasi stres kerja agar kembali produktif setiap hari pada artikel di bawah ini.
Hampir sebagian besar pekerja pastinya pernah mengalami stres kerja. Kabar baiknya, mengalami stres kerja adalah hal yang lumrah terjadi di kalangan para pekerja maupun pengusaha. Asalkan, Mama Papa mengetahui cara mengatasi stres kerja agar tidak mengganggu kesehatan fisik dan mental.
Ada banyak hal yang menyebabkan Mama Papa mengalami stres kerja. Baik itu karena beban pekerjaan yang berlebihan, gaji yang tidak sesuai, kondisi lingkungan kantor yang tidak sehat, dan masih banyak penyebab stres kerja lainnya.
Masalahnya, bagi sebagian orang, mencari cara mengatasi stres kerja bukan perkara mudah. Meski begitu, bukan berarti kita boleh menyerah. Sebab, stres kerja yang berkepanjangan berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental. Akibatnya, kita jadi susah fokus dan produktivitas kerja menurun.
Sebelum stres akibat pekerjaan semakin parah. Yuk, lakukan cara mengatasi stres kerja berikut ini:
Kenali batas kemampuan
Satu cara mengatasi stres kerja yang penting diperhatikan adalah mengenali batas kemampuan. Termasuk salah satunya mengenali batas kemampuan dalam menanggung beban pekerjaan yang diberikan atasan.
Mengenali batas kemampuan bertujuan agar bisa mempertimbangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Apakah bisa diselesaikan dalam sehari, atau membutuhkan waktu lebih lama? Dengan begitu, kita bisa meminimalkan risiko terlalu lelah dan stres berlebih.
Gunakan waktu dengan efisien
Tidak sedikit di antara kita yang beranggapan: 24 jam dalam sehari tidak cukup untuk menyelesaikan pekerjaan yang diberikan atasan di kantor. Padahal, bisa saja penyebab “kehabisan waktu” karena kita kurang memanfaatkan waktu dengan efisien.
Mulai sekarang, cobalah untuk menggunakan waktu dengan efisien. Coba buat to-do-list tugas yang harus diselesaikan dalam sehari, lalu kerjakan pekerjaan tepat waktu. Selain belajar on time, menggunakan waktu dengan efisien menjadi cara mengatasi stres kerja yang efektif.
Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Jadi Lebih Produktif
Bicarakan dengan atasan
Stres kerja menyebabkan produktivitas bekerja menurun. Akibatnya, pekerjaan yang diberikan tidak selesai maksimal dan susah mencapai target. Supaya tidak semakin parah, coba bicarakan dengan atasan mengenai stres kerja yang Mama Papa alami.
Bukan hanya sekadar mengeluh, terbuka dan berbicara dengan atasan membantu Mama Papa mencari jalan keluar sekaligus menyusun rencana yang efektif dalam mengatasi stres kerja. Dengan begitu, pekerjaan tetap terselesaikan dengan baik.
Ciptakan lingkungan kerja yang nyaman
Tanpa disadari, lingkungan kerja bisa memicu stres selama bekerja. Oleh karena itu, cara mengatasi stres kerja agar kembali produktif berikutnya dengan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.
Kita bisa mulai dengan menata meja kerja sesuai keinginan agar terlihat rapi dan nyaman digunakan. Lalu, maksimalkan pencahayaan alami dari luar. Meski sepele, namun cara tersebut bisa meningkatkan mood agar semakin produktif.
Istirahat sejenak
Apabila dirasa antara beban pekerjaan sudah semakin “gila”, maka disarankan untuk istirahat sejenak guna mencegah stres kerja yang semakin parah. Gunakan jatah cuti untuk refreshing dan liburan singkat untuk mengatasi stres kerja.
Kalau tidak sempat liburan, Mama Papa bisa memanfaatkan jatah cuti untuk me time dan melakukan hal-hal yang disukai. Seperti menonton film, melakukan perawatan di salon, berbelanja, dan banyak lagi.
Baca juga: Manfaat Cuti untuk Kesehatan Mental
Lakukan meditasi
Tidak kalah menarik, kita bisa coba melakukan meditasi sebagai cara sederhana mengatasi stres kerja yang mengganggu. Meditasi dipercaya dapat memberikan efek positif bagi kesehatan jiwa dan tubuh. Dengan begitu, pikiran akan menjadi lebih tenang dan rileks.
Terapkan pola hidup sehat
Faktanya, menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang merupakan salah satu cara mengatasi stres kerja. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang membuat pikiran jauh lebih tenang, serta memberi nutrisi terbaik pada tubuh dan otak. Sehingga kita bisa kembali produktif.
Selain itu, biasakan untuk tidur cukup dan menghindari begadang. Sebab, seseorang yang kurang tidur rentan terganggu dari sisi emosional. Akibatnya stres sangat mudah terjadi.
Baca juga: 7 Ciri Lingkungan Kerja yang Toxic, Waspada Bikin Stres