Dalam dunia kerja, skill komunikasi sangatlah penting. Keterampilan ini kita butuhkan untuk memperluas relasi, menambah ilmu, serta meningkatkan karier. Bagi kamu yang masih kurang percaya diri sama kemampuan komunikasi yang kamu miliki, pelajari cara-cara meningkatkan skill komunikasi berikut, yuk!
Kebanyakan orang merasa malu saat diminta berbicara di depan banyak orang, atau bertemu dengan orang-orang baru. Salah satu masalahnya karena kemampuan komunikasi yang kurang. Padahal meningkatkan skill komunikasi sangatlah penting di dunia kerja.
Bahkan, skill komunikasi tidak hanya kita butuhkan saat memasuki dunia kerja saja. Memiliki komunikasi yang baik sejak masih kuliah juga bermanfaat untuk memperluas jaringan kita. Bahkan, kemampuan komunikasi yang baik memudahkan kita untuk lolos interview saat mendaftar beasiswa, lo!
Bagi kamu yang merasa kurang percaya diri dengan kemampuan berkomunikasi yang dimiliki, berikut cara meningkatkan skill komunikasi yang baik:
Belajar mengelola emosi
Agar dapat meningkatkan skill komunikasi, kita harus belajar mengelola emosi dengan baik. Terutama saat kita sedang merasa bad mood. Kita dapat mengambil napas dalam-dalam lalu menenangkan diri sejenak.
Dengan cara ini, kita bisa mengesampingkan konflik pribadi, dan fokus melanjutkan pembicaraan dengan lawan bicara. Dijamin, orang yang ngobrol dengan kita akan merasa nyaman, deh.
Menjadi pendengar yang baik
Kita bisa menjadi pendengar yang baik untuk meningkatkan skill komunikasi. Pasalnya, orang akan menaruh kepercayaan pada kita sebagai pendengar yang baik. Makanya, jangan memotong pembicaraan orang atau mengejeknya, ya! Dengan begitu, orang akan balik menghargai kita saat sedang berbicara.
Baca Juga: Ajukan Pertanyaan Ini Kepada HRD Saat Wawancara Kerja
Bahasa tubuh yang sesuai
Cara meningkatkan kemampuan komunikasi yang baik tidak terlepas dari bahasa tubuh. Karena, lawan bicara akan memerhatikan gerak-gerik kita saat bicara. Beberapa bahasa tubuh dasar yang harus dikuasai antara lain: kontak mata dengan lawan bicara, menganggukkan kepala, dan menggerakkan tangan yang sesuai.
Baca juga: 6 Cara Efektif Mengatasi Gugup Saat Wawancara Kerja
Bahasa yang sesuai
Salah satu cara meningkatkan skill komunikasi yang paling penting adalah penggunaan bahasa yang sesuai dengan lawan bicara kita.
Kalau lawan bicara kita lebih tua atau memiliki jabatan penting, maka kita harus menggunakan gaya bicara yang sopan dan santun. Kalau lawan bicara kita lebih muda atau seumuran, menggunakan bahasa yang santai boleh saja. Serhingga pesan kita diterima dengan baik.
Ketahui cara berempati
Tak kalah penting dalam skill komunikasi adalah merespons topik dari lawan bicara kita. Salah satunya dengan sifat empati. Pasalnya, memahami perasaan dan situasi orang lain dapat membangun hubungan yang baik. Dengan cara ini, kita dapat membalas topik obrolan yang sesuai dengan situasi, dan tidak menyakiti lawan bicara kita.
Itulah beberapa cara untuk meningkatkan skill komunikasi yang penting diterapkan dalam dunia kerja. Pelajari supaya lebih percaya diri, ya!