Tantangan menjadi seorang wanita karier adalah membagi waktu antara pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah; mengurus anak. Karena sebagai wanita karier Mama harus bisa melakukan dua pekerjaan tersebut secara bersamaan, tanpa mengorbankan salah satunya. Begini cara bagi waktu untuk wanita karier, yuk!
Seorang wanita karier memang harus pandai-pandai dalam membagi waktu. Karena kita harus menjalankan tugas sebagai pekerja kantoran, sekaligus peran kita sebagai ibu dan istri di rumah. Kalau dibayangkan mungkin terlihat susah, ya? Tapi tak perlu khawatir, kok. Ada banyak cara bagi waktu untuk wanita karier yang bisa Mama terapkan sehari-hari.
Meski terasa berat, menjadi wanita karier yang terbiasa multitasking nyatanya membawa manfaat untuk kehidupan kita, lo! Salah satunya mampu mengatasi masalah dengan tenang dan kepala dingin. Karena Mama sudah biasa menghadapi berbagai tantangan baik di kantor maupun di rumah.
Pandai membagi waktu dengan baik merupakan modal penting menjadi seorang wanita karier. Begini cara bagi waktu untuk wanita karier yang bisa Mama terapkan:
Catat jadwal
Hal pertama yang harus dilakukan seorang wanita karier adalah terbiasa mencatat semua jadwal di buku agenda atau aplikasi di smartphone. Walau terkesan jadul, langkah sederhana ini menjadi cara bagi waktu untuk wanita karier yang paling ampuh, lo!
Tujuan dari mencatat semua jadwal adalah menghindari jadwal yang bentrok antara mengurus rumah dan pekerjaan kantor. Karena itu, Mama harus rajin-rajin mengecek agenda dan mencatat semua jadwal dengan baik. Dengan begitu, kita bisa menjalani tanggung jawab kita dengan tenang, kan?
Baca Juga: Bukan Dimarahi! Begini Cara Mengatasi Anak Suka Berbohong
Bangun lebih awal
Cara bagi waktu bagi wanita karier berikutnya dengan bangun lebih awal. Kalau biasanya Mama bangun pukul 06.00 pagi, tak ada salahnya kita bangun pukul 04.30 untuk memasak untuk si kecil, dan membereskan rumah.
Jadi, saat si kecil sudah bangun, kita sudah cukup energi untuk menyiapkan segala kebutuhan anak. Termasuk memandikan dan menyiapkan pakaian untuk si kecil yang sudah bersekolah. Bahkan kalau Mama mau lebih selow lagi, kita bisa menyiapkan bahan masak dari malam hari, lo!
Jangan malu minta bantuan
Banyak wanita merasa segan atau enggak enakan meminta bantuan suami atau anggota keluarga lainnya. Sebenarnya Mama boleh saja meminta bantuan Papa untuk mengurus urusan rumah tangga. Misalnya, meminta bantuan Papa untuk mengepel lantai, membangunkan si kecil, atau mencuci piring kotor.
Selain itu, Mama bisa meminta bantuan pada anggota keluarga lainnya untuk mengurus si kecil kalau sedang sibuk-sibuk di kantor, atau tidak bisa menjemput si kecil di sekolah. Misalnya, menitipkan anak pada orangtua, mertua, atau kakak. Sehingga, kita menyelesaikan pekerjaan kantor dengan tenang.
Baca Juga: Selain “I Love You”, Ini 5 Bahasa Cinta Anak
Kurangi bermain main hp
Mama sering mengerjakan pekerjaan rumah sambil bermain hp? Nyatanya, kebiasaan bermain hp atau membuat media sosial bisa menunda pekerjaan kita, lo! Karena secara tak sadar kita malas mengerjakan pekerjaan rumah kita. Akhirnya, pekerjaan menumpuk dan enggak kelar-kelar.
Tips bagi waktu untuk wanita karier yang bisa Mama terapkan adalah membatasi penggunaan hp untuk membuat media sosial. Gunakan hp seperlunya saja; mengecek pekerjaan dadakan, atau membuat media sosial hanya 30 menit saja.
Itulah beberapa cara bagi waktu untuk wanita karier yang bisa Mama terapkan. Selain belajar membagi waktu, jangan lupa selalu menjaga kesehatan, ya, Mama!