Menjadi influencer bukan hal asing lagi di era digtial seperti sekarang ini. Selain mendapat tambahan followers, ada banyak keuntungan saat menjadi influencer di media sosial. Apa saja keuntungan tersebut? Ketahui selengkapnya dalam artikel ini, yuk!
Saat ini banyak orang berlomba-lomba menjadi influencer di media sosial. Karena siapa pun bisa memanfaatkan YouTube, Instagram, maupun TikTok untuk mengunggah konten-konten menarik, berpengaruh, dan mendapat perhatian banyak orang. Tak heran kalau banyak keuntungan menjadi influencer yang bisa kita dapatkan.
Seperti yang kita tahu, seorang influencer adalah figur aktif di media sosial. Ada beberapa jenis influencer berdasarkan jumlah followers-nya. Pertama ada nano influencer, dengan rentang pengikut 500 sampai 10 ribu followers. Lalu micro followers dengan rentang pengikut 10 ribu sampai 100 ribu. Kemudian macro influencer dengan 100 ribu hingga lebih dari 1 juta followers.
Ketika menjadi influencer di media sosial, kita menjadi orang ketiga yang memengaruhi pembeli mengambil keputusan. Tak heran kalau sosok influencer dicari banyak pebisnis yang ingin bekerja sama dalam memperkenalkan produk-produk mereka.
Lantas, apa saja keuntungan menjadi influencer?
Kerja sama dengan brand besar
Pesatnya perkembangan dunia digital membuat banyak brand besar mulai mempromosikan produknya menggunakan jasa influencer. Selain harga yang lebih terjangkau dari iklan di televisi, influencer punya followers yang cukup luas di media sosial.
Tidak hanya menguntungkan brand. Keuntungan menjadi influencer juga bisa mendapat gaji dan popularitas. Bahkan, dilansir dari laman IDX.chanel, rata-rata gaji influencer sekitar Rp9-14 jutaan per bulannya. Angka yang cukup besar, kan?
Baca juga: Tips Jualan di TikTok supaya Untung Maksimal
Mendapat produk gratis
Keuntungan menjadi influencer berikutnya adalah mendapatkan produk gratis dari perusahaan atau brand yang menjalin kerja sama.
Contohnya, jika kita bekerja sama dengan brand kecantikan. Nantinya brand tersebut akan memberikan kita berbagai produk untuk di-review. Setelah dibuat konten, biasanya produk tersebut akan menjadi milik kita, lo! Menarik, kan?
Baca Juga: 6 Aplikasi Edit Video TikTok Terbaik, Dijamin Masuk FYP!
Penghasilan dari adsense
Selain memiliki kesempatan kerja sama dengan brand besar, keuntungan menjadi influencer juga bisa berasal dari Adsense. Contohnya, kalau kita memiliki akun YouTube, semakin banyak orang yang menonton video YouTube kita, makin bertambah pula penghasilan harian kita dari YouTube Adsense.
Dilansir dari laman Bisnis.com, penghasilan YouTuber dengan 100K Subscriber berkisar antara Rp7 juta sampai Rp120 juta per bulan, lo!
Relasi lebih luas
Selain mendapat penghasilan dari konten, keuntungan menjadi influencer media sosial juga dapat menambah relasi lebih luas. Semakin banyak orang yang melihat konten kita, makin besar potensi kita dikenal influencer lain. Sehingga, kita bisa menambah relasi dengan influencer lain yang lebih berpengalaman.
Tidak hanya itu saja, kita juga berkesempatan mengikuti acara “kopi darat” yang sering diadakan para influencer di berbagai daerah, lo! Dari kegiatan nongkrong ini, kita bisa mendapat pelajaran baru dari para influencer yang lebih senior.
Itulah beberapa keuntungan menjadi influencer di era digital yang makin pesat ini, Girls. Bagaimana, mulai tertarik untuk menjadi konten-konten kita di media sosial lebih menguntungkan?
Baca Juga: Jualan di Instagram Tidak Laku? Coba Lakukan 8 Tips Ini