Sedang berbahagia setelah mendapatkan undangan interview kerja online dari perusahaan impian? Supaya berjalan lancar dan sukses, ada berberapa tips interview kerja online yang bisa kamu terapkan. Fresh graduate dan job hunter wajib tahu!
Semenjak pandemi, tren wawancara atau interview kerja mulai berubah. Jika biasanya dilakukan secara offline atau secara tatap muka langsung, saat ini tidak sedikit perusahaan yang menerapkan interview secara online kepada seluruh kandidat yang melamar pekerjaan.
Biasanya, proses interview online dilakukan melalui telepon atau video call. Sayangnya, ternyata masih ada beberapa kandidat yang kurang memahami etika interview kerja online tersebut.
Alih-alih mendapatkan kesan pertama yang baik, yang ada justru kita dianggap tidak profesional. Duh, pastinya tidak ingin, kan?
Yuk, simak 8 tips sukses interview kerja online agar lolos dan berhasil demi mendapatkan pekerjaan impian di bawah ini:
1. Gunakan pakaian formal dan rapi
Meskipun dilakukan secara online, bukan berarti kita boleh asal memilih pakaian yang digunakan saat interview. Pasalnya, pakaian menjadi salah satu penilaian saat melakukan wawancara kerja, lo!
Maka dari itu, menggunakan pakaian formal dan rapi saat interview adalah hal wajib. Lalu, jangan lupa untuk merapikan rambut dan memerhatikan penampilan wajah agar terlihat lebih fresh dan tidak pucat.
2. Pastikan koneksi internet lancar
Karena dilakukan secara online, maka memiliki jaringan internet yang lancar dan stabil selama proses interview adalah kewajiban. Tapi, bagaimana kalau jaringan internet di rumah kurang stabil?
Sebagai alternatif, kita bisa mengunjungi kafe atau co-working space yang memiliki jaringan internet cepat dan lancar. Namun, pastikan mengunjungi kafe yang sepi agar tidak mengganggu proses wawancara, ya!
Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Wifi Lemot agar Internet Kembali Lancar
3. Pilih lokasi dengan pencahayaan baik
Tips sukses interview kerja online berikutnya adalah memilih lokasi wawancara yang tepat. Kalau dilakukan di rumah, cari tempat dengan pencahayaan yang bagus. Apabila dirasa ruangan terasa gelap, jangan ragu untuk menyalakan lampu atau menggunakan lampu tambahan seperti ring light.
4. Pastikan suara jelas
Selain jaringan internet dan pencahayaan, kita juga harus memastikan suara kita terdengar jelas saat interview berlangsung. Kalau perlu, gunakan headset agar suara terdengar lebih jelas dan jernih. Bahkan, tidak ada salahnya menanyakan recruiter; apakah suara kita terdengar jelas atau tidak di awal proses interview.
5. Datang tepat waktu
Tips sukses interview kerja online berikutnya adalah datang tepat waktu, atau bahkan lebih cepat. Mungkin terlihat sepele, namun datang tepat waktu ternyata menjadi salah satu penilaian kedisiplinan dan profesionalitas kita, lo!
Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk pada Diri Sendiri
6. Perhatikan body language
Tidak kalah penting, kita juga harus menunjukkan body language yang baik. Pasalnya, body language menjadi salah satu penilaian penting, sekaligus penentu sukses tidaknya interview kerja yang kita lakukan, lo!
Maka dari itu, usahakan untuk duduk tegak dengan tenang. Kemudian, pastikan mata selalu melihat kamera saat berbicara atau saat menjawab pertanyaan. Lalu, jangan lupa untuk selalu tersenyum, ya!
7. Pahami perusahaan yang dilamar
Jangan hanya fokus pada penampilan dan body language saja. Kita juga perlu memahami seluruh informasi tentang perusahaan dan job desc yang kita lamar.
Pasalnya, mengenali perusahaan dengan baik menunjukkan antusiasme pekerjaan yang dilamar. Sehingga, para recruiter akan menganggap bahwa kita benar-benar serius, dan tertarik untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.
Bahkan, tidak ada salahnya kita menyiapkan beberapa jawaban dari pertanyaan yang sering muncul saat interview. Beberapa pertanyaan yang sering muncul saat interview kerja antara lain:
- Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami?
- Apa kelebihan dan kekurangan Anda?
- Mengapa Anda tertarik dengan posisi ini?
- Berapa gaji yang Anda inginkan?
8. Percaya diri
Satu lagi tips sukses interview kerja yang tidak kalah penting: percaya diri. Jika kita tidak percaya diri akan membuat suara terdengar gugup dan pikiran menjadi buntu. Alhasil, kita jadi kesulitan menjawab seluruh pertanyaan recruiter dengan baik, deh!
Oleh karena itu, pastikan selalu percaya diri selama proses interview berlangsung. Apabila masih merasa gugup, kita bisa melakukan teknik pernapasan singkat sebelum interview online.
Cukup dengan menarik nafas panjang, lalu hembuskan secara perlahan. Lakukan beberapa kali agar tubuh terasa lebih rileks.
Baca Juga: Anti-Kikuk, Ini 6 Tips Lancar Berbicara di Depan Umum
Nah, itulah beberapa tips sukses interview kerja online yang bisa kita coba lakukan. Semoga interview-mu berjalan lancar dan sukses, ya!
Baca Juga: Ajukan Pertanyaan Ini Kepada HRD saat Wawancara Kerja