Bagi working Mama, mengatur waktu untuk bekerja dan mengurus rumah bukanlah hal yang mudah. Mama harus meluangkan waktu untuk bersantai bersama keluarga, dan mengatur urusan pekerjaan agar tidak terbengkalai.
Sebagai seorang working Mama, kita harus pandai-pandai dalam mengatur waktu untuk bekerja dan urusan rumah tangga. Sebab, kebanyakan ibu-ibu kewalahan karena terlalu lelah di kantor, sehingga mengabaikan tugasnya di rumah.
Kalau urusan rumah terbengkalai, pasti Mama tidak bisa fokus bekerja. Karena naluri seorang ibu pasti membuat Mama tidak bisa meninggalkan pekerjaan rumah. Apalagi bagi Mama yang masih memiliki buah hati yang masih kecil.
Supaya tanggung jawab rumah dan kantor berjalan beriringan, Mama harus mengatur waktu dengan bijak. Nah, berikut Berkeluarga.id rangkum cara mengatur waktu bagi working Mama.
Baca juga: Wanita Karir Tetap Bahagia ? Gunakan 4 Tips ini!
Hindari lembur kerja
Salah satu cara mengatur waktu bagi working Mama adalah mengatur jadwal untuk bekerja. Yup, usahakan Mama pulang tepat waktu dan mengurangi jam lembur. Kalau perusahaan memberlakukan jam lembur, Mama bisa mengomunikasikan dengan atasan agar ada kesepakatan yang saling menguntungkan.
Buat jadwal menu makanan
Cara mengatur waktu antara kerja dan rumah selanjutnya, dengan menyiapkan menu makan pada malam sebelumnya. Yup, Mama bisa menyiapkan bahan masakan yang ada dimasak untuk keesokan harinya. Jadi, saat pagi hari kita tinggal memasak bekal untuk keluarga, deh!
Baca juga: Meningkatkan Leadership Skill untuk Kesuksesan Karier
Membuat to-do list
Untuk mengatur waktu dengan baik, Mama bisa membuat daftar atau to-do list apa saja yang harus dikerjakan dalam seharian. Misalnya, menyiapkan menu makan di pagi hari, bertemu klien, hingga menjemput anak di sekolah. Pastikan, tidak ada kegiatan penting yang terlewat, ya!
Fokus pada satu tugas
Cara untuk membagi waktu dengan baik selanjutnya adalah fokus menyelesaikan satu tugas terlebih dahulu. Kerjakan tugas dari yang paling mudah terlebih dahulu hingga kelar satu per satu. Karena pekerjaan yang tidak diselesaikan dengan baik akan mengganggu pikiran.
Kerja sama dengan anak
Untuk mengurangi beban Mama mengurus rumah, jangan ragu untuk membagi tugas ke anak, ya! Mama bisa memberi tugas yang ringan-ringan saja, ya! Misalnya, menugaskan anak menyiapkan seragam sekolah sendiri, atau meminta anak merapikan kamarnya setelah bangun tidur. Cara ini sekaligus mendidik anak memiliki rasa tanggung jawab, lo!
Kerja sama dengan Papa
Selain kerja sama dengan anak, Mama juga bisa mengajak Papa bekerja sama, ya! Misalnya, meminta bantuan Papa untuk mencuci piring atau menyapu halaman sebelum berangkat kerja. Jika dikerjakan bersama-sama pekerjaan rumah pasti akan lebih ringan, kan?
Baca Juga: Anti-Kikuk, Ini 6 Tips Lancar Berbicara di Depan Umum
Itulah cara-cara membagi waktu bagi working Mama, agar urusan pekerjaan dan rumah tangga berjalan beriringan. Jadi, tidak takut kewalahan lagi, deh, Mama! Yuk, diterapkan!