Sudah sering upload foto produk di Instagram, tapi jualan tetap tidak laku? Tak melulu karena kualitas foto yang kurang baik, ternyata ada beberapa faktor eksternal yang menyebabkan jualan tidak laku. Untungnya, ada beberapa tips jualan di Instagram agar laris manis. Lebih lengkapnya, simak penjelasan artikel di bawah ini!
Sebagai salah satu platform yang paling menjanjikan dalam dunia bisnis, tidak heran jika saat ini banyak orang jualan di Instagram. Masalahnya, ternyata jualan di Instagram tidak semudah yang dibayangkan. Sebagai pemilik usaha, Mama Papa harus menyusun strategi dengan matang, agar bisnis yang dijalankan mudah dikenal orang dan laris manis.
Tanpa disadari, ada beberapa kesalahan jualan di Instagram yang bikin bisnis semakin sepi. Tak melulu karena kualitas foto produk yang kurang baik, asal melakukan endorsement dan tidak pernah berinteraksi dengan followers menjadi penyebab utama jualan di Instagram tidak laku dan berakhir bangkrut.
Supaya bisnis online berjalan sukses. Simak 8 tips jualan di Instagram agar laris manis berikut ini:
1. Gunakan Instagram bisnis
Kalau selama ini Mama Papa masih menggunakan akun pribadi untuk jualan di Instagram. Disarankan untuk segera menggantinya menjadi akun Instagram Bisnis.
Akun bisnis dilengkapi fitur yang dapat mendukung proses berjualan di Instagram agar sukses dan lancar. Salah satunya adalah fitur “Insight” yang dapat membantu kita memantau pertumbuhan jumlah followers, engagement rate, hingga menganalisis demografi followers yang mampir ke “toko” kita.
2. Lengkapi bio Instagram
Meski sudah beralih menggunakan akun Instagram bisnis, pastikan Mama Papa tidak lupa untuk melengkapi profil. Disarankan memasang foto profil yang jelas dan mudah dikenali, seperti misalnya logo toko yang simpel tapi unik.
Selanjutnya, memasang bio yang sesuai juga menjadi salah satu tips sukses jualan di Instagram yang tidak kalah penting diperhatikan. Gunakan kalimat singkat yang mudah dipahami, tetapi tetap memiliki unique selling point agar menarik perhatian calon konsumen.
3. Pasang URL pada bio Instagram
Tidak kalah penting, disarankan juga untuk meletakkan link atau URL pada bio Instagram. Kita bisa coba menggunakan “linktree” yang berisikan beberapa link yang dapat mempermudah konsumen untuk berbelanja hanya dengan satu kali klik.
Selain memasukkan link untuk melakukan pemesanan melalui WhatsApp. Mama Papa bisa menambahkan link yang dapat menuju ke marketplace tertentu untuk memudahkan pembeli melakukan transaksi secara langsung.
4. Unggah konten berkualitas
Instagram mengandalkan visual yang menarik. Itu mengapa, membuat konten berkualitas adalah hal wajib saat jualan di Instagram. Tapi, bagaimana caranya?
Minimal, foto produk yang diunggah harus dalam kualitas yang baik; tidak pecah, buram, maupun gelap. Kalau perlu, buatlah tema feed Instagram yang senada agar terlihat lebih menarik dan aesthetic.
Baca Juga: 6 Tips Membuat Foto Produk Menarik, Cuma Pakai HP
5. Optimalkan fitur story
Tips jualan di Instagram yang tidak kalah penting dilakukan adalah mengoptimalkan fitur Instagram Story. Memanfaatkan fitur Instagram Story berfungsi untuk menjalin interaksi dengan followers, agar semakin dikenal luas.
Misal, Mama Papa bisa mengunggah foto produk sambil menyertakan link yang bisa di-klik langsung untuk mengarah pada website pembelian. Kemudian, kita juga bisa coba mengadakan sesi tanya jawab di question box untuk meningkatkan engagement, lo!
6. Manfaatkan Instagram Shopping
Instagram Shopping menjadi salah satu fitur unggulan yang dapat memudahkan kita berjualan di Instagram. Ada banyak fitur yang bisa Mama Papa gunakan di Instagram Shopping, seperti Shopping Tags, Collections, Shopping Ads, dan banyak lagi.
Fitur Instagram Shopping tidak hanya sekadar memudahkan konsumen untuk berbelanja saja. Melainkan, juga dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan traffic website toko online yang dimiliki. Dengan begitu, penjualan dan engagement di Instagram dapat meningkat pesat.
Baca Juga: 6 Cara Mendapatkan Uang dari Internet, Dicoba Yuk!
7. Gunakan Instagram Ads
Selanjutnya, Mama Papa juga bisa memanfaatkan fitur Instagram Ads saat berjualan di Instagram. Singkatnya, Instagram Ads adalah platform iklan dari Instagram, yang bisa membantu meningkatkan brand awareness dan penjualan.
Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan Instagram Ads untuk promosi di Instagram. Selalu tampilkan foto produk yang menarik, agar sukses menarik perhatian banyak orang. Lalu, tentukan target audiens yang tepat, agar tidak “salah alamat”, ya!
8. Berkolaborasi dengan influencer
Satu lagi tips jualan di Instagram yang tidak kalah penting: berkolaborasi dengan influencer. Tidak harus dengan influencer besar yang mahal, kita bisa menjalin kerja sama dengan nano influencer (memiliki 1.000-10.000 followers) atau micro influencer (memiliki 10.000-100.000 followers).
Supaya tepat sasaran, pastikan memilih influencer sesuai dengan target pasar dan produk yang dijual. Hal ini bertujuan agar pesan yang disampaikan diterima audiens dengan mudah.
Selamat mencoba dan semoga berhasil!
Baca Juga: 5 Penyebab Bisnis Gagal yang Paling Sering Terjadi