Sudah seminggu ini sistem #workfromhome diberlakukan di Indonesia. Apakah sistem ini membuat Anda semakin produktif atau justru kesulitan untuk membagi waktu? Jika kesulitan, inilah 5 tips work from home agar bisa tetap produktif selama bekerja.
Semakin tingginya angka kasus Covid-19 di Indonesia membuat pemerintah memberlakukan social distancing. Cara ini dipercaya mampu menekan angka penyebaran virus. Salah satu cara social distancing adalah menerapkan sistem work form home untuk karyawan. Work from home sendiri berarti melakukan segala aktivitas pekerjaan di rumah.
Istilah ini mungkin asing bagi kita yang biasa menjalani hari sebagai karyawan full time. Jika sudah sampai rumah biasanya kita memiliki segudang pekerjaan rumah lain yang harus diselesaikan, apalagi bagi perempuan. Nah, tips berikut ini bisa membantu Anda tetap produktif selama work from home.
Komunikasikan dengan keluarga
Bagian ini amat penting untuk dilakukan terlebih dahulu. Biasanya ketika di rumah kita memiliki segudang aktivitas, mulai dari mencuci, memasak hingga mengajak si kecil bermain. Nah, selama work from home berikan pengertian kepada orang rumah, bahwa Anda sedang bekerja seperti biasa bukan berlibur. Hal ini untuk mengantisipasi berbagai ajakan yang akan dibebankan kepada Anda karena terlihat sedang di rumah.
Jalankan pagi seperti biasa
Meskipun tidak perlu berangkat ke kantor, namun aktivitas sebelumnya harus tetap dilakukan. Misalnya sarapan, mandi, mengganti baju dan merapikan diri. Hal ini akan membuat Anda lebih produktif, karena memiliki suasana seperti hari-hari di kantor. Hindari bangun tidur langsung bekerja, karena justru akan merusak mood dan membuat hari seakan masih panjang.
Hindari kasur
Suasana sangat berpengaruh besar untuk meningkatkan produktivitas kerja, begitu juga saat Anda melakukan kerja dari rumah. Tidak menutup kemungkinan suasana rumah yang cozy justru membuatmu ingin rebahan seharian. Nah, agar hal ini tidak terjadi Anda harus memiliki menetapkan tempat kerjamu. Hindari bekerja di atas kasur untuk meminimalisir rasa mengantuk dan keinginan untuk tidur.
Pastikan akses internet lancar
Akses internet adalah salah satu kunci utama keberhasilan work from home. Maka, pastikan untuk mendapatkan jaringan internet yang baik saat bekerja. Karena internet yang lemot seringkali membuat mood-mu turun dan malas untuk melanjutkan pekerjaan. Apabila rumah Anda tidak memiliki akses Wifi, siapkan kuota internet untuk provider yang paling lancar di wilayahmu.
Komitmen terhadap waktu
Biasanya Anda bekerja di kantor dengan sistem 9-5, bukan? Saat di rumah, waktu kerja tersebut juga harus dijalankan. Biasanya dalam benak kita, WFH boleh diselesaikan pukul berapapun, karena kita tidak perlu berpindah tempat. Anggapan ini justru salah besar. Karena semakin kita merasa memiliki banyak waktu, akan semakin lama pekerjaan terselesaikan karena menunda. Pastikan Anda melakukan jam kerja sesuai hari-hari biasanya agar waktu WFH lebih produktif.
Artikel Lainnya: Perawatan Wajah Agar Tetap Glowing Selama WFH