Saat ini beberapa pegawai mulai disarankan untuk bekerja dari rumah. Namun, bagaimana cara menciptakan suasana nyaman kerja di rumah agar tetap produktif?
Bekerja dari rumah bukanlah hal baru bagi sebagian orang. Namun, bagi Mama Papa yang baru saja mengalami hal ini mungkin sedikit merasa kaku. Terlebih lagi dengan adanya kebijakan masyarakat dan beberapa kantor yang menyarankan untuk bekerja dari rumah karena adanya virus corona.
Sebenarnya, antara bekerja dari kantor maupun di rumah itu sama saja. Hal yang membedakan hanya suasana tempat bekerja. Misalkan, di kantor dalam satu ruangan berisikan banyak orang, di rumah hanya sendiri. Begitu pula dengan sistem komunikasinya. Dengan adanya perkembangan teknologi, setiap orang dapat berkomunikasi dengan mudah melalui telepon, email, bahkan video call.
Namun, bukan berarti bekerja di rumah tidak memiliki hambatan, lho. Ada kalanya kita merasa jenuh, karena tidak bertemu teman kantornya. Lalu anak yang mungkin akan membuat rumah menjadi ramai. Bahkan, ada yang merasa tidak produktif karena feel-nya tidak seperti di kantor.
Tenang, untuk mengatasi itu ada tips mudah menbuat bekerja dari rumah terasa nyaman dan tetap produktif.
Tata dan desain ruang kerja
Memulai untuk bekerja di rumah mungkin akan sedikit aneh. Oleh karenanya, Mama Papa dapat mendesain ruangan khusus untuk bekerja sesuai dengan keinginan. Misalnya saja dengan menata meja dan kursi sesuai dengan lokasi yang diinginkan. Kemudian, memasang kabel colokan di tempat yang strategis agar tidak ribet nantinya. Mama Papa juga mungkin bisa meletakkan tanaman hias untuk hiasan agar ruangan tetap hidup dan cantik.
Sistem pencahayaan yang baik
Sadar atau tidak, pencahayaan pada setiap ruangan memengaruhi produktivitas bekerja. Usahakan untuk memilih pencahayaan yang tidak terlalu redup maupun terang. Kemudian, buatlah konsep terbuka agar sinar matahari masuk. Sinar matahari dipercaya dapat menstimulasi produktivitas bekerja, lho.
Tetap profesional
Jangan mentang-mentang bekerja dari rumah lalu bermalas-malasan, ya. Agar bekerja di rumah tetap memberikan hasil yang optimal, usahakan untuk profesional. Tidak perlu menggunakan pakaian kantor. Setidaknya pakailah pakaian yang rapi dan dalam keadaan segar dan bersih.
Mengatur waktu dengan baik
Masih berhubungan dengan sikap profesional, ada baiknya tetap mengatur waktu bekerja sesuai jam kantor. Hal ini bertujuan untuk menghindari menyepelekan dan menunda pekerjaan karena bekerja dari rumah.
Rapi dan teroganisir
Agar lebih nyaman dan tetap produktif saat bekerja di rumah meletakkan segala sesuatu yang dibutuhkan berdekatan dengan lokasi Mama Papa bekerja. Misalnya, menyiapkan charger handphone atau earphone di meja kerja. Sehingga, saat dibutuhkan Mama Papa tidak perlu pusing mencarinya. Begitu pula dengan beberapa berkas pendukung. Jangan sampai mereka hilang di saat penting-pentingnya.
Baca Juga: 5 Trik Mudah Ciptakan Rumah Sejuk Tanpa AC