Sudah siap kembali ke kantor saat new normal? Tapi punya masalah susah fokus yang berujung membuatmu menumpuk pekerjaan? Cobalah melakukan cara meningkatkan fokus dalam bekerja di bawah ini.
Masa new normal mengantarkan sebagian orang kembali berinteraksi dengan iklim kantor. Tidak sedikit orang yang mengeluhkan masalah sulitnya fokus selama di kantor. Sayangnya, pekerjaan yang belum selesai tiba-tiba ada deadline baru, sehingga semakin menumpuk. Nah, agar lebih efektif dalam menyelesaikan tugas, cobalah cara meningkatkan fokus selama bekerja di bawah ini:
Meditasi
Salah satu cara terbaik meningkatkan fokus dengan meluangkan waktu bermeditasi. Anda hanya butuh waktu setidaknya 1 jam untuk bermeditasi. Meditasi ini dapat membuat hari-harimu tenang lebih lama dan meningkatkan fokus. Luangkan waktu di malam hari atau saat bangun pagi untuk bermeditasi agar aktivitas di kantor bisa lebih fokus.
Hindari multitasking
Ingin segera menyelesaikan pekerjaan dan memilih metode multitasking ternyata justru membuat kita tidak fokus, lho. Ketika multitasking otak dipaksa bekerja untuk fokus pada hal yang berbeda, sehingga kerja otak justru berantakan. Agar lebih fokus cobalah untuk tidak multitasking dan biasakan untuk mengerjakan tugas sesuai skala prioritas.
Dengarkan musik favorit
Hal ini bisa berbeda-beda setiap orang. Sebagian orang harus bekerja dalam posisi tenang untuk meningkatkan fokus, tapi sebagian lainnya membutuhkan musik untuk lebih semangat. Jadi, jangan lupa membawa headset atau headphone saat memasuki new normal, ya. Memutar lagu kesukaan sambil bekerja bisa meningkatkan konsentrasi kerja.
Baca Juga: Jangan Remehkan, Ini Manfaat Musik Bagi Psikologis
Berolahraga secara rutin
Olahraga dapat membantu melancarkan peredaran darah, sehingga menjaga asupan oksigen dan kalori ke otak. Dengan berolahraga kita dapat meningkatkan dan mengaktifkan fungsi otak yang berpengaruh pada kenaikan konsentrasi. Nah, dengan berolahraga rutin minimal seminggu sekali, kita bisa lebih meningkatkan fokus dan berdampak baik pada kualitas pekerjaan.
Baca Juga: Selain Sehat, Olahraga ini Bisa Meningkatkan Mood, Lho
Singkirkan barang-barang yang mengganggu
Ruangan di kantor bisa jadi salah satu alasan untuk gagal fokus. Hal ini disebabkan gangguan visual seperti kertas-kertas yang berantakan atau meja yang penuh makanan berpengaruh pada ketidaknyamanan dan dapat mengganggu konsentrasimu.