Kamu sering menunda-nunda pekerjaan hingga mendekati deadline? Jika iya, lakukan 5 langkah inim agar kebiasaan menunda bisa hilang dan kita lebih profesional.
Kebanyakan orang memiliki masalah dengan procrastination atau kebiasaan menunda. Hanya sedikit saja yang mampu mengendalikannya dengan baik. Kebiasaan menunda yang sudah mendarah daging bikin hari-hari kita terganggu, bahkan bisa dicap tidak profesional, lho.
Agar kita tidak terjebak dalam kebiasaan menunda, sebaiknya segera lakukan perubahan. Tidak perlu insecure, kebiasaan menunda dapat dihilangkan, kok. Ikuti 5 langkah mudah ini untuk menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan.
Pecah tugas dalam bagian kecil-kecil
Selain meremehkan pekerjaan, kebiasaan menunda juga bisa hadir karena alasan tugas terlalu rumit. Saking sulitnya, si penunda berpikir, “Ah, susah sekali, mencari hiburan dulu, lah”. Untuk mengatasi hal ini kita bisa menyiasati dengan memecah tugas dalam bagian-bagian kecil.
Misalnya, kita mendapatkan tugas membuat proposal bisnis, pecah tugas tersebut jadi beberapa bagian. Mulai dari mencari ide, research gagasan, hingga mulai menulis. Dengan rincian tersebut pandangan akan tugas yang berat dijamin hilang.
Buat skala prioritas
Setelah mengetahui bagian-bagian kecil yang harus dikerjakan, kita bisa melanjutkan dengan membuat skala prioritas. Menetapkan skala prioritas dalam menyelesaikan pekerjaan terbukti ampuh menghilangkan kebiasaan menunda banyak orang, lho.
Meskipun tugas-tugas sudah menjadi bagian yang lebih kecil, namun kita tetap tidak akan bisa menyelesaikannya dalam satu waktu. Buatlah skala prioritas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Skala prioritas juga membuat pekerjaan justru selesai lebih cepat, lho.
Deadline dan target sendiri
Tanpa deadline orang yang terbiasa menunda akan malas untuk memulai kerja. Nah, setelah memiliki skala prioritas, sebaiknya segera tetapkan deadline dan target sendiri. Jika memungkinkan buatlah target ini per-jam, agar waktu kita tidak terbuang sia-sia.
Baca Juga: Tetap Produktif Walau Bekerja Dari Rumah
Lakukan pomodoro teknik
Untuk meningkatkan fokus selama mengerjakan pekerjaan, gunakan teknik pomodoro. Teknik ini telah diulas banyak orang dan dinilai efektif untuk menghilangkan kebiasaan menunda. Untuk memulai teknik pomodoro, pertama temukan tempat yang nyaman tanpa gangguan.
Lalu singkirkan berbagai hal yang berpotensi bikin gagal fokus, mulai dari ponsel atau gawai lainnya. Selanjutnya, atur “alarm” 25 menit, dan fokuslah bekerja selama itu. Setelah 25 menit habis, kita bisa menyegarkan otak untuk beristirahat 3 menit. Ulangi hingga seluruh pekerjaan selesai.
Baca Juga: 5 Cara Mengelola Stres Akibat Pekerjaan Menumpuk
Reward kecil sebagai motivasi
Procrastination tidak akan hilang jika kita tidak segera ‘beraksi’. Segeralah mulai mengerjakan langkah-langkah di atas tanpa banyak berpikir dahulu. Jika dirasa sulit untuk memulai kita bisa memotivasi diri dengan iming-iming reward kecil.
Misalnya, jika pekerjaan hari ini selesai tepat pukul 5 sore, kita bisa membeli minuman favorit. Reward seperti ini membuat kita lebih semangat dan mau memulai pekerjaan.
Baca Juga: 5 Tips Tetap Semangat Bekerja Setelah Libur Panjang