Selain bikin pekerjaan tertunda, kurang fokus dalam bekerja juga bisa membuat pekerjaan kita kurang maksimal. Oleh sebab itu, kita harus benar-benar fokus dalam menyelesaikan pekerjaan kita. Yuk, ikuti cara fokus bekerja berikut.
Meski jadi rutinitas bukan berarti bekerja tidak ada tantangannya. Salah satu yang paling banyak dikeluhkan adalah susah fokus saat bekerja. Padahal, kalau kita tahu cara fokus bekerja di kantor, semua itu bukanlah halangan lagi, lo!
Masalah susah fokus ini memang harus segera diatasi. Sebab efeknya bisa memengaruhi deadline dan hasil kerja kita juga kurang memuaskan. Belum lagi, kalau kita susah fokus dalam bekerja menyebabkan kita harus lembur untuk menyelesaikan pekerjaan on deadline.
Nah, biar pekerjaan kita cepat selesai dan kita tidak lembur, coba terapkan cara-cara fokus bekerja berikut ini, yuk!
Cari tahu distraksinya
Sebelum mulai bekerja coba cari tahu apa yang sering membuat kita tidak fokus. Hal ini bisa bermacam-macam, mulai dari notifikasi ponsel, gatal mau lihat media sosial, atau ajakan teman untuk ngobrol.
Setelah mengetahui penghambatnya, kita bisa mulai dengan menghindari hal tersebut. Misal, meletakan ponsel jauh dari jangkauan, atau mengubah ponsel ke mode senyap. Ini merupkan salah satu cara fokus bekerja yang sangat efektif, lo! Coba, deh!
Atur jadwal kerja
Melakukan perencanaan sangat penting untuk meningkatkan fokus dalam bekerja. Hal ini juga membuat kita lebih produktif. Cara fokus bekerja yang patut dicoba adalah menulis setiap pekerjaan yang harus diselesaikan sehari sebelumnya.
Buat skala prioritas pekerjaan, mulai dari yang sangat penting hingga pekerjaan yang sifatnya mudah. Jadwal kerja ini akan menjadi acuan kita untuk menyelesaikan setiap pekerjaan untuk tetap waktu.
Fokus pada satu pekerjaan
Terkadang susah fokus bisa dikarenakan multitasking. Meski kelihatan efektif, sebenarnya cara ini justru membuat waktu kerja semakin molor, lo! Belum lagi karena fokus kita terpecah, kualitas pekerjaan yang dihasilkan jadi kurang maksimal.
Solusinya adalah menyelesaikan satu pekerjaan dalam satu waktu terlebih dahulu. Cara ini membuat kita bekerja lebih fokus, menumbuhkan disiplin diri, menguatkan kemampuan konsentrasi, dan dapat memberikan rasa tenang saat mengerjakan sesuatu.
Jangan menunda-nunda pekerjaan
Cara fokus bekerja selanjutnya adalah tidak menunda-nunda pekerjaan. Selain membuat pekerjaan semakin menumpuk, menunda pekerjaan juga bisa membuat fokus dan konsentrasi kita terpecah.
Jadi, segerakan menyelesaikan pekerjaan di waktu pagi hari. Jika timbul rasa ingin menunda pekerjaan cobalah bertanya pada diri sendiri mengenai skala prioritas di hari ini. Utamakan suatu pekerjaan sesuai urutan skala prioritas agar pekerjaan bisa cepat selesai.
Tenangkan pikiran
Salah satu cara fokus bekerja terbaik adalah mencoba menenangkan pikiran melalui meditasi. Banyak riset menunjukan, rutin melakukan meditasi dapat mempertajam otak dan meningkatkan konsentrasi.
Beberapa manfaat lain dari meditasi antara lain: menjauhkan stres, melepaskan amarah, dan meningkatkan kemampuan diri untuk menerima segala sesuatu. Dengan pikiran yang rileks, fokus kita terhadap pekerjaan sangat mudah dilakukan.
Kita juga bisa meditasi di tengah-tengah waktu bekerja, lo! Tidak perlu meditasi yang ribet, cukup lakukan olah pernapasan saja ketika sudah merasa suntuk bekerja.
Jangan lupa istirahat
Agar bisa lebih fokus bukan berarti kita harus terus menerus bekerja, ya. Justru sebaliknya, hal ini bisa membuat kita lebih cepat lelah, sehingga semakin lambat dalam menyelesaikan pekerjaan.
Cara fokus bekerja yang benar justru sesekali mengambil jeda untuk istirahat. Jika mulai lelah, ambilah waktu istirahat 10-15 menit. Lakukan kegiatan-kegiatan yang bisa membuat rileks, seperti olahraga ringan, mendengarkan musik, mengambil camilan, atau meditasi.
Baca Juga: Jenuh Bekerja? Kembalikan Semangat dengan Cara Ini
Merancang meja kerja sendiri
Mama Papa, cara fokus yang terakhir ini memang terdengar tidak ada hubungannya. Tapi jangan salah, meja kerja yang berantakan dapat mengurangi tingkat fokus kita, lo! Karena itu sebaiknya bersihkan meja kerja agar tidak menjadi distraksi.
Jika perlu letakan tanaman hias di meja kerja, untuk meningkatkan produktivitas. Karena beberapa studi menyebut, meletakkan tanaman hias bisa meningkatkan kemampuan konsentrasi saat bekerja.
Tidak hanya membuat pekerjaan lebih cepat selesai, cara fokus ini juga membantu memperbaiki kualitas dari pekerjaan kita, lo.
Selamat mencobanya, Mama Papa!
Baca Juga: 5 Tips Tetap Semangat Bekerja Setelah Libur Panjang