Hari pertama bekerja menjadi salah satu penentu bagaimana first impression rekan kerja terhadap kita. Terlebih lagi, first impression di tempat kerja memiliki peran penting bagi karier kita di perusahaan tersebut. Tidak perlu takut, simak hal-hal penting apa saja yang perlu dilakukan saat hari pertama bekerja berikut ini!
Selamat buat kamu yang sudah diterima kerja di perusahaan impian! Meskipun menjadi momen yang membanggakan, tapi tidak sedikit di antara kita yang merasa takut dan grogi saat diterima kerja di perusahaan impian. Alasannya karena tidak tahu apa yang harus dilakukan saat hari pertama kerja nanti. Apakah kamu salah satunya?
Hari pertama kerja menjadi salah satu penentu bagaimana first impression rekan kerja terhadap kita. Jangan sampai salah langkah dan meninggalkan kesan yang kurang baik di hadapan atasan maupun rekan kerja saat hari pertama bekerja, ya!
Tidak perlu grogi, berikut 7 tips menyambut hari pertama kerja agar mendapatkan kesan positif dari rekan kerja kita:
Datang tepat waktu
Datang terlambat saat hari pertama bekerja akan menciptakan image negatif yang tidak terlupakan. Oleh karena itu, biasakan untuk datang lebih awal dari jam masuk kantor. Terbiasa datang tepat waktu atau lebih awal membuat kita terlihat sebagai sosok yang disiplin dan semangat bekerja.
Menggunakan pakaian yang sopan
Meskipun kantor memperbolehkan menggunakan pakaian santai, bukan berarti kita bisa memakai baju seadanya dan berantakan. Pastikan untuk tetap menggunakan pakaian yang sopan dan sesuai peraturan perusahaan. Jangan sampai saltum alias salah kostum karena menggunakan pakaian yang tidak sesuai.
Kemudian, pastikan untuk menjaga penampilan dengan baik di hari pertama bekerja. Selalu sisir rambut dengan rapi, menggunakan parfum secukupnya, dan tidak menggunakan aksesoris berlebihan saat berangkat ke kantor.
Baca Juga: Anti-Kikuk, Ini 6 Tips Lancar Berbicara di Depan Umum
Ramah dan murah senyum
Saat tiba di kantor, besar kemungkinan kita akan merasa canggung dan bingung. Untuk mencairkan suasana, cobalah untuk selalu bersikap ramah dan murah senyum. Jangan ragu untuk mengucapkan selamat pagi kepada security, resepsionis, dan rekan kerja saat pertama kali tiba di kantor.
Apabila diajak untuk berkeliling kantor bersama HRD, jangan ragu untuk berkenalan dengan rekan kerja. Lakukan kontak mata saat berbicara agar mereka merasa dihargai.
Menjaga attitude di kantor
Tips selanjutnya adalah menjaga attitude selama berada di kantor. Hindari berbicara menggunakan nada tinggi. Sebab, orang yang terbiasa berbicara dengan nada tinggi dan kasar cenderung dicap sebagai orang yang tidak sopan. Terlebih lagi kalau kita masih menjadi karyawan baru.
Biasakan untuk berbicara dengan bahasa yang santun dan tidak memotong pembicaraan saat rekan kerja berbicara. Kemudian, cobalah untuk menjadi pendengar yang baik. Dengan begitu, rekan kerja akan merasa lebih nyaman dan percaya dengan kita.
Inisiatif bertanya
Saat hari pertama kerja, tidak jarang kita masih merasa bingung dengan banyak hal. Termasuk salah satunya bingung tentang pekerjaan yang harus dikerjakan. Jangan diam saja, cobalah untuk memberanikan diri dan inisiatif bertanya tentang apa yang harus dilakukan kepada rekan kerja, ya!
Baca Juga: Tips Berhubungan Baik dengan Rekan Kerja Pendiam
Hindari bergosip
Ada banyak hal yang bisa ditemukan di hari pertama kerja. Salah satunya mendengar gosip yang beredar di kalangan karyawan kantor. Meskipun menggoda, namun pastikan untuk tidak ikut bergosip dan mengomentari apa yang terjadi.
Alih-alih menjadi akrab, ikut bergosip sejak hari pertama kerja justru akan menciptakan kesan negatif di kalangan rekan kerja, lo!
Cobalah untuk tetap fokus bekerja sejak hari pertama masuk kerja. Isi waktu luang untuk memahami peraturan dan sistem kerja yang berlaku. Sehingga, kita bisa menyelesaikan pekerjaan yang diberikan dengan baik.
Menjalin relasi dengan rekan kerja
Satu lagi tips yang perlu diperhatikan saat hari pertama kerja adalah menjalin relasi dengan rekan kerja. Kita bisa menjalin relasi dengan rekan kerja saat makan siang bersama. Meskipun sederhana, namun makan siang bersama menjadi momen berbaur dengan rekan kerja supaya lebih akrab.
Selain itu, kita juga bisa menyempatkan waktu untuk berkumpul dan bersosialisasi dengan rekan kerja setelah jam pulang kantor. Pasalnya, nongkrong sambil minum kopi bersama bisa menjadi momen seru untuk mengakrabkan diri dengan rekan kerja yang baru kita kenal.
Nah, itulah 7 tips memulai hari pertama kerja agar berjalan lancar dan tidak canggung. Semoga berhasil!
Baca Juga: Pekerja Keras Vs Workaholic, Kamu Termasuk yang Mana?