Dalam era digital seperti sekarang ini, pasti Mama Papa sudah tidak asing dengan istilah endorsement atau endorse, kan? Strategi pemasaran di dunia digital digunakan untuk memasarkan barang dan jasa agar dikenal luas masyarakat menggunakan jasa selebgram ternama. Lantas, bagaimana, sih, cara endorse selebgram?
Mama Papa pasti sudah tidak asing lagi melihat artis dan selebgram mempromosikan suatu produk atau jasa di media sosial mereka, kan? Dalam dunia bisnis di era digital, strategi ini disebut dengan endorsement atau endorse. Pemasaran dengan cara endorse selebgram ini dinilai lebih efektif mendatangkan keuntungan, daripada iklan konvensional, lo!
Perlu Mama Papa ketahui, endorse termasuk strategi pemasaran online yang bisa meningkatkan penjualan. Karena followers selebgram akan memerhatikan produk yang diunggah idolanya tersebut. Dari unggahan tersebut kita akan mendapatkan tambahan likes, followers, hingga pesanan, lo!
Lantas, bagaimana cara endorse selebgram agar bisnis yang kita jalankan mendapatkan keuntungan yang maksimal? Yuk, ikut tips-tips di bawah ini, Mama Papa!
Pilih selebgram sesuai target
Hal pertama yang perlu diperhatikan saat akan melakukan pemasaran dengan cara endorse selebgram adalah pilih selebgram sesuai target pasar produk kita. Tips satu ini bisa mendatangkan keuntungan, karena brand awareness yang kuat pada produk kita akan meningkat penjualan.
Contoh, Mama Papa yang mau mempromosikan bisnis katering sehat. Kita bisa memilih selebgram yang sering membagikan info diet atau tips olahraga. Karena disampaikan oleh selebgram yang sesuai bidangnya, pastinya hal ini akan memberi kepercayaan lebih tinggi pada followers atau audiens kita.
Baca Juga: Jualan di Instagram Tidak Laku? Coba Lakukan 8 Tips Ini
Menghubungi selebgram
Pemasaran dengan cara endorse berikutnya dengan menghubungi selebgram yang sudah kita pilih. Biasanya selebgram mencantumkan info bisnis inquiry, atau kerja sama di bio media sosialnya. Setelah mendapatkan kontak selebgram, Mama Papa bisa menghubungi mereka dengan akun bisnis. Tujuannya agar niat kita terkesan lebih profesional dan dipercaya.
Cari tahu rate card
Setelah mendapatkan balasan, cara endorse selebgram yang tak kalah penting diketahui di awal adalah paham rate card dan engagement rate. FYI, rate card ini berisi harga dan durasi tayang dari postingan selebgram. Hal ini penting kita ketahui untuk menyesuaikan dengan budget promosi bisnis Mama Papa.
Sedangkan engagement rate berisi laporan untuk menilai seberapa luas interaksi antara followers dengan selebgram. Sehingga, kita bisa memperkirakan apakah postingan produk kita akan dilirik banyak audiens atau tidak.
Bandingkan dengan selebgram lain
Nah, ini juga tidak kalah penting kita terapkan dalam pemasaran dengan cara endorse selebgram, Mama Papa! Kita harus membandingkan rate card dan engagement rate dari beberapa selebgram.
Tujuannya, untuk memilih selebgram yang benar-benar sesuai dengan target pasar, dan mendapatkan harga endorse yang lebih terjangkau. Untuk mendapat hasil terbaik, Mama Papa bisa membandingkan 2-3 selebgram, ya!
Baca Juga: 6 Aplikasi Edit Video TikTok Terbaik, Dijamin Masuk FYP!
Bikin kesepakatan
Setelah berhasil mendapat selebgram yang tepat, Mama Papa bisa membuat perjanjian dengan selebgram tersebut. Tujuannya untuk menghindari hal-hal yang dapat merugikan.
Setelah mendapat kesepakatan, kita juga wajib menyiapkan brief produk, berisi pemahaman produk yang harus dipahami selebgram, agar konten promosi mendapatkan hasil maksimal. Nantinya selebgram akan mengembangkan konten sesuai gayanya sendiri agar terkesan lebih natural.
Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan agar pemasaran digital dengan cara endorse selebgram berjalan maksimal dan menguntungkan. Yuk, coba diterapkan pada bisnis kita, Mama Papa!
Baca juga: Mendapatkan Uang dari TikTok Itu Mudah, Ini Caranya