Susah fokus saat bekerja memang bisa menyerang siapa. Yuk, segera cari tahu apa penyebab susah fokus saat bekerja agar produktivitas harian tidak terganggu, dan pekerjaan selesai tepat waktu!
Apakah Mama Papa beberapa hari ini sedang merasa susah fokus saat bekerja? Atau mungkin seakan mendadak lupa atau hilang fokus di tengah pekerjaan?
Memang, masalah susah fokus saat bekerja bisa menyerang siapa dan kapan saja. Meskipun begitu, tidak disarankan untuk cuek atau bahkan “memaksa” otak untuk bekerja, ya.
Kita harus mencari tahu apa penyebab susah fokus saat bekerja, dan mencari jalan keluarnya agar produktivitas harian kita tidak terganggu.
Agar tidak kebablasan, berikut 5 faktor penyebab susah fokus bekerja yang harus diperhatikan:
Melewatkan sarapan
Tak hanya sekadar lapar, sering melewatkan sarapan ternyata menjadi salah satu faktor penyebab susah fokus bekerja yang jarang disadari orang, lo! Bahkan, sebuah studi menyebutkan, kebiasaan melewatkan sarapan bisa menurunkan kemampuan konsentrasi dan daya ingat.
Untuk itu, biasakan selalu mengonsumsi sarapan bernutrisi agar dapat kembali fokus dan konsentrasi saat bekerja. Ada beberapa menu sarapan bergizi yang dapat meningkatkan fokus bekerja, seperti telur, oatmeal, yoghurt, atau pisang.
Terlalu sering multitasking
Buat Mama Papa yang masih sering multitasking, mulai sekarang coba lebih diatur kembali alur kerjanya, ya. Pasalnya, kebiasaan multitasking juga bisa menyebabkan kita susah fokus, terutama saat bekerja.
Bahkan, ada sebuah penelitian yang menyebutkan, multitasking berisiko menyebabkan gangguan daya ingat. Baik untuk daya ingat jangka pendek terkait pekerjaan, atau bahkan jangka panjang.
Oleh karena itu, mulai sekarang kita bisa membuat skala prioritas saat bekerja. Selain menjadi lebih ringan, menyusun skala prioritas dapat meningkatkan efisiensi waktu dan menjaga kualitas pekerjaan kita, lo!
Baca Juga: 5 Tips Memilih Meja Kerja agar Produktif Selama di Rumah
Meja kerja yang berantakan
Mungkin terdengar sepele, namun meja kerja yang berantakan dan tidak nyaman menjadi salah satu faktor penyebab kita susah fokus saat bekerja. Maka dari itu, coba sisihkan waktu untuk merapikan meja kerja agar terasa lebih lapang.
Bahkan, tidak ada salahnya menambahkan beberapa tanaman hias di meja kerja yang dapat membantu meningkatkan fokus saat bekerja. O, iya, kita juga bisa memasang foto keluarga atau pasangan di meja kerja sebagai motivasi agar lebih semangat bekerja.
Kurang olahraga
Kerap dianggap remeh, ternyata kurang olahraga dan susah fokus saat bekerja saling berkaitan satu sama lain, lo! Mungkin terdengar lucu, namun rutin melakukan olahraga ringan bisa membuat pikiran menjadi lebih fokus saat bekerja, dan dapat menghilangkan rasa malas.
Tapi, bagaimana jika kita terlalu sibuk dan tidak sempat olahraga? Jangan khawatir, olahraga untuk meningkatkan fokus bisa dilakukan di depan komputer dengan melakukan peregangan sederhana agar mata dan otot lebih rileks.
Misalnya menggerakkan kepala, kaki, dan tangan agar sirkulasi darah lebih lancar. Bahkan, tidak ada salahnya kita keliling ruangan, atau menghirup udara di luar kantor selama 10 menit agar pikiran lebih rileks dan dapat kembali fokus bekerja.
Baca Juga: Olahraga di Rumah Lebih Mudah dengan Aplikasi Ini
Kurang tidur
Sebanyak apapun pekerjaan yang kita miliki, bukan berarti kita boleh mengesampingkan jam istirahat, lo! Memaksakan bekerja saat tubuh dan otak lelah justru membuat kita semakin susah konsentrasi. Alhasil, pekerjaan yang dilakukan pun jadi kurang maksimal, deh.
Maka dari itu, satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi susah fokus saat bekerja adalah istirahat. Usahakan selalu memenuhi waktu istirahat dengan tidur berkualitas agar otak tetap rileks, dan dapat kembali fokus bekerja, ya!
Nah, itulah beberapa penyebab susah fokus saat bekerja yang harus dihindari. Semoga artikel ini dapat membantu Mama Papa agar dapat kembali semangat dan fokus bekerja, ya!
Baca Juga: Jenuh Bekerja? Kembalikan Semangat dengan Cara Ini