Cara kerja cepat tidak hanya membuat waktu luang lebih longgar, namun juga hasil pekerjaan jadi lebih maksimal. Lantas, bagaimana cara kerja cepat agar waktu lebih efektif dan efisien?
Kerja cepat dan pintar merupakan hal yang lazim dalam dunia kerja. Bekerja lebih cepat memberikan lebih banyak keuntungan bagi kita. Mulai terhindar dari lembur, kelelahan, hingga risiko stres. Cara kerja cepat bahkan menjamin hasil pekerjaan kita jadi lebih maksimal, lo!
Pasalnya, seseorang yang bekerja dalam waktu lama berisiko membuat tubuh kelelahan. Ini menyebabkan hasil kerja jadi kurang maksimal. Agar pekerjaan lebih efektif dan efisien, lakukan 6 cara kerja cepat berikut ini, yuk!
Tentukan prioritas pekerjaan
Sebuah pekerjaan tidak akan efektif jika kita enggak paham seputar skala prioritas. Jadi biasakan untuk menulis skala prioritas, guna mengetahui pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu.
Skala prioritas membuat kerja kita jadi lebih cepat. Metode ini juga membuat setiap pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu tanpa terbengkalai satupun.
Susun rencana kerja
Jika skala prioritas telah ditulis, waktunya untuk menyusun rencana pekerjaan. Catat goals yang pengin kita capai dalam bentuk check box agar mudah memeriksanya. Penyusunan check box ini akan membuat kita jadi lebih teratur, dan bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.
Untuk mempraktikkannya, kita harus pecah terlebih dahulu pekerjaan dalam daftar prioritas. Pecahkan menjadi hal-hal yang lebih kecil. Cara kerja cepat ini akan membuat otak memiliki mindset jika pekerjaan sangat ringan. Hal tersebut juga akan menjaga mood tetap stabil selama bekerja.
Contoh praktik memecah pekerjaan misalnya, jika kerjaan hari ini adalah membuat proposal. Tulislah tugas ini menjadi beberapa kegiatan, seperti mencari referensi untuk proposal, menulis proposal, dan tahap editing.
Jangan multitasking
Mama Papa, multitasking itu hanya mitos, lo! Meskipun banyak orang mengatakan; melakukan banyak hal sekaligus tanda produktivitas, namun anggapan ini kurang tepat. Alih-alih menjadi cara kerja cepat, multitasking malah akan membuat tidak fokus dan lebih lambat.
Makanya, lebih baik kita menyelesaikan pekerjaan satu per satu, dibandingkan harus mengerjakan semuanya sekaligus. Selain lebih cepat, cara ini juga menjamin hasilnya lebih maksimal, karena kita dalam kondisi fokus dalam bekerja.
Baca Juga: Jenuh Bekerja? Kembalikan Semangat dengan Cara Ini
Hindari distraksi
Sebelum memulai pekerjaan, pastikan menyingkirkan segala macam distraksi; atau gangguan di sekitar kita. Setiap orang memiliki distraksi tersendiri, mulai dari alat musik hingga televisi. Salah satu distraksi yang paling sering dikeluhkan adalah ponsel pintar.
Sebagian besar dari kita punya kecenderungan untuk selalu mengecek ponsel sepanjang waktu. Untuk itu, coba mengatur ponsel pintar kita dalam mode senyap selama bekerja, dan meletakkannya jauh dari jangkauan.
Menjauhkan ponsel dari jangkauan telah dibuktikan banyak orang efektif untuk mempercepat pekerjaan, lo!
Baca Juga: Kebiasaan Menunda Perkerjaan? Hilangkan dengan Cara Ini
Beri jeda di tengah aktivitas
Ingat, kita bukan robot yang bisa terus bekerja sepanjang waktu. Meskipun punya banyak deadline, pastikan tetap menyisihkan waktu untuk istirahat. Aktivitas ini terkesan buang-buang waktu, namun siapa sangka istirahat termasuk salah satu cara kerja cepat dan efektif.
Istirahat akan memberi kita energi baru untuk menyelesaikan sisa tugas. Beristirahat juga akan menghindarkan kita dari masalah kesehatan, sehingga aktivitas tetap akan berjalan lancar.
Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Jadi Lebih Produktif
Bekerja di ruangan tertutup
Saat ini banyak kantor besar yang menerapkan open space office. Hal ini dinilai ampuh untuk meningkatkan koordinasi antar karyawan. Namun setelah didalami, bekerja di ruangan terbuka tidak selalu masuk dalam cara kerja cepat, lo!
Menurut The Balance Career, ruangan tertutup justru merupakan tempat terbaik untuk kerja cepat dan pintar. Argumen ini didasari karena ruangan terbuka memunculkan lebih banyak distraksi saat bekerja. Sedangkan ruangan tertutup membuat sebagian orang lebih mudah fokus, karena suasananya mendukung untuk bekerja.
Selain 6 cara kerja cepat di atas, pastikan kita juga bekerja di lokasi yang nyaman, ya. Penggunaan lilin aromaterapi bisa dicoba untuk memberikan efek ketenangan dan membuat kita lebih fokus bekerja.