Stres kerja bukanlah kondisi yang patut disepelekan. Jika tidak segera ditangani, hal ini bisa mengakibatkan masalah pada psikis maupun fisik, lo! Agar tidak berlarut, lakukan 5 cara mengatasi stres kerja berikut ini.
Pekerjaan adalah salah satu sumber stres yang paling sering dialami banyak orang. Tumpukan tugas yang menggunung, rutinitas yang monoton, dan teman kerja yang menyebalkan adalah beberapa penyebab stres kerja.
Jika sudah begini, biasanya bikin kita jadi ogah-ogahan pergi ke kantor. Parahnya, bisa jadi kehilangan motivasi bekerja. Bahkan, beberapa orang juga mengalami masalah kesehatan akibat terlalu stres kerja.
Lantas, bagaimana jika stres kerja semakin tak tertahankan? Pastinya Mama Papa harus segera mengatasi masalah ini, supaya tidak mengganggu kinerja kita di kantor, ya!
Yuk, lakukan 6 cara mengatasi stres kerja di bawah ini:
1. Me time
Jadi workaholic boleh-boleh saja, asalkan tahu batasan. Jika rutinitas pekerjaan sudah dirasa tidak balance dengan kehidupan sosial kita, bolehlah sesekali mengambil cuti. Gunakan jatah cuti untuk melakukan me-time agar tidak stres kerja.
Karena bekerja dengan kondisi stres dapat membuat pekerjaan kita jadi tidak maksimal. Gunakan waktu ini untuk melakukan hal-hal yang kita sukai. Misal, menonton film, membaca buku, atau liburan.
Agar me-time jadi lebih tenang jangan lupa untuk mematikan ponsel. Menurut beberapa orang, bekerja setelah me-time akan membuat pikiran lebih fresh, dan bisa bekerja dengan lebih baik.
2. Bercerita pada HRD
Salah satu cara terbaik untuk mengatasi stres kerja adalah berani mengakuinya. Jangan memaksa diri kita untuk terus menghadapi tuntutan pekerjaan
Pasalnya, hal ini akan berhubungan dengan kinerja kita dalam menyelesaikan tugas. Jadi bicarakan keluhan yang kita rasakan pada atasan atau HRD, ya. Cara ini dilakukan untuk meminta solusi dalam mengatasi stres kerja yang kita alami. Tapi ingat, jangan sembarangan curhat mengenai keluhan ke sembarang orang, ya.
Baca Juga: Jenuh Bekerja? Kembalikan Semangat dengan Cara Ini
3. Perhatikan pola makan dan pola tidur
Menghindari stres akibat pekerjaan juga bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang akan membuat pikiran jauh lebih tenang, serta memberi nutrisi terbaik pada tubuh dan otak.
Selain itu, kita juga harus hindari begadang, ya! Sebab, seseorang yang kurang tidur akan terganggu dari sisi emosional. Akibatnya stres sangat mudah terjadi. Supaya stres kerja bisa segera teratasi, upayakan untuk menjaga pola makan dan pola tidur ideal, ya!
Baca Juga: Begini Cara Meningkatkan Produktivitas di Kantor
4. Lakukan olahraga kecil
Melakukan perenggangan atau stretching di sela waktu bekerja dapat membantu melancarkan pembuluh darah ke seluruh tubuh; termasuk ke otak. Olahraga dapat merangsang tubuh untuk mengeluarkan hormon bahagia yang membantu memperbaiki suasana hati kita.
Jadi, ketika kita sedang merasa suntuk atau stres kerja, segera lakukan olahraga ringan di kantor, ya. Dengan berolahraga tubuh juga akan lebih rileks, sehingga menurunkan tingkat stres akibat pekerjaan yang kita alami.
5. Meditasi
Kalau Mama Papa tidak memiliki banyak waktu untuk liburan ke luar kota, coba gunakan waktu luang untuk meditasi atau yoga. Kedua hal tersebut dapat menjadi cara ampuh untuk menenangkan stres, lo!
Meditasi dipercaya dapat memberikan efek positif bagi kesehatan jiwa dan kesehatan tubuh. Sementara yoga dapat membantu memberi rasa keseimbangan, ketenangan, serta kedamaian dalam tubuh.
Ada banyak jenis meditasi yang bisa kita sesuaikan dengan kemampuan kita. Namun bagi pemula, kita bisa melakukan meditasi dengan instruktur di studio yoga atau tempat kebugaran, kok!
6. Jangan berlebihan
Selain beberapa cara di atas, kita juga perlu melakukan hal penting lainnya, yaitu menurunkan ekspektasi. Beberapa orang mengalami stres kerja karena ekspektasi yang tidak sesuai realitas.
Kalau sudah begini, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah mengubah pola pikir kita. Tidak selamanya target yang kita pasang bisa tercapai. Ketika gagal menyelesaikan suatu pekerjaan; atau molor dari deadline tidak masalah, kok. Cari solusi dari masalah tersebut, dan hindari menyalahkan diri sendiri.
Itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah stres kerja yang sedang Mama Papa alami. Semoga artikel ini membantu. Selamat mencobanya!